Kamis, 21 Februari 2013

INSANG DAN LABIRIN

INSANG DAN LABIRIN

    
Insang berbentuk lembaran-lembaran tipis berwarna merah muda dan selalu lembap. Bagian terluar dari insang berhubungan dengan air, sedangkan bagian dalam berhubungan erat dengan kapiler-kapiler darah. Tiap lembaran insang terdiri dari sepasang filamendan tiap filamen mengandung banyak lapisan tipis lamela. Pada filamen terdapat pembuluh darah yang memiliki banyak kapiler sehingga memungkinkan O2 berdifusi masuk dan CO2 berdifusi keluar. Insang pada ikan bertulang sejati ditutupi oleh tutup insang yang disebut operkulumsedangkan insang pada ikan bertulang rawan tidak ditutupi oleh operkulum.

Fungsi Insang
Insang tidak saja berfungsi sebagai alat pernapasan tetapi dapat pula berfungsi sebagai :
1.      Alat ekskresi garam-garam
2.      Penyaring makanan
3.      Alat pertukaran ion
4.      Osmoregulator.

Fungsi Labirin 
Labirin merupakan perluasan ke atas dari insang dan membentuk lipatan-lipatan sehingga merupakan rongga-rongga tidak teratur.
Labirin ini berfungsi menyimpan cadangan 02 sehingga ikan tahan pada kondisi yang kekurangan 02. Contoh ikan yang mempunyai labirin adalah: ikan gabus dan ikan lele. Untuk menyimpan cadangan 02, selain dengan labirin, ikan mempunyai gelembung renang yang terletak di dekat punggung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar